Jumat, Juni 18, 2010

Makanan Kesukaan Fauzan


Fauzan sekarang sudah 7 bulan. Katanya, bayi belum mengenal rasa... tapi sepertinya sih bayi itu sudah mengenal rasa sejak kecil banget. Terbukti dengan Fauzan yang sudah mulai "memilih" kesukaannya. Waktu usia 6 bulan dia mulai diperkenalkan dengan tepung-tepungan. Tepung beras merah, pisang, kedelai, kacang hijau. Tepung itu dijadikan bubur dan diberi tambahan susu. Seiring bertambahnya usia, Fauzan mulai diberi sayur seperti wortel, labu kuning, dan kentang. Buahnya diberi apel, pisang, dan jeruk manis.



Yang paling tidak ia suka adalah kacang hijau. Ketika mencobanya, mukanya jadi aneh dan tidak mau menghabiskan makanannya. Yang paling dia suka adalah pisang ambon, dalam beberapa menit saja, satu buah pisang ambon ukuran sedang dia habiskan. Urutan kesukaannya (berdasarkan raut muka dan kecepatan menghabiskan makanan)adalah:
1. Pisang campur jeruk manis
2. Labu kuning susu
3. Kentang kaldu ayam

Mau share resepnya ya..

PISANG JERUK MANIS
Bahan:
- Satu buah pisang ambon ukuran sedang
- 3 keping jeruk manis (bukan tiga buah yaa..)

1. Kerok pisang ambon, masukkan ke dalam piring makan.
2. Tambahkan dengan sari dari 3 keping jeruk manis.
3. Sajikan segera.

LABU KUNING SUSU
- Sepotong labu kuning (berapa gram ya? ehm.. kira2 aja :P)
- Susu formula atau ASI

1. Potong-potong kukus labu kuning sampai empuk.
2. Benyek2 potongan labu kuning, setelah agak dingin tambahkan susu.
3. Sajikan.

KENTANG KALDU AYAM.
- Satu buah kentang ukuran sedang
- Satu potong ayam

1. Didihkan air. Masukkan potongan kecil ayam dan tulangnya.
2. Setelah beberapa saat, masukkan potongan kentang.
3. Setelah kentang lembut, benyek2 sampe halus. Tambahkan sedikit air kaldu.
4. Sajikan.

Mengingat kesenangannya mengulum apapun, termasuk jempol kaki mommy klo lagi nganggur, sebetulnya ingin sekali membuat camilan/cookies untuk Fauzan, tapi mommy blom punya oven.. huhuhu... Jadi Fauzan dibelikan kue sama ayah atau diberi wortel & apel kukus. Tunggu ya Fau, klo ada rezeki mommy mo beli oven (dan belajar bikin kue!!)...

6 komentar:

IbuDzakyFai mengatakan...

ayo mommy fauzan mau cookies, beli ovennya donk..he he he

fitrian.net mengatakan...

aku udah ada oven nya tapi malesa juga tuh belajarnya hehehe

~Srex~ mengatakan...

Wuih...sehatnya si Fauzan yo mbak...ma'em nya jg gampang...bentar lg giginya mulai tumbuh neh...
ps: resepnya OK juga...full protein, karbohidrat, vitamin n mineral tuh...

Butik Manis *Butik Mama Danis* mengatakan...

Yummy... enak deh punya baby, jd kangen nih nyiapin baby-food kayak dolo....

Kapan yaaa aku 'punya' baby lagi, hehehe... (asli pengen banget nih mom)

ke2nai mengatakan...

ayo cpt beli ovennya nanti fauzan keburu gede. Hihihi....

mommy adit mengatakan...

@IbuFaiDzaky: nanti ya.. ngumpulin uangnya dulu..

@fitrian.net: waks.. jangan2 nita juga gitu ya klo ada ovennya?

@Srex: itu nggak tiap hari om.. jadi satu menu untuk satu hari - 2x makan. Namanya jg masih belajar (biar ketahuan makanan apa yg bermasalah)

@ButikManis: didoakan semoga dapet cepet dapet adik buat danis.

@ke2nai: udah gede juga kan kepake pasti oven mah.. hehe..