Kamis, Oktober 16, 2008

Nipple Confussion

Waktu Radit umur kira2 sekitar 1 atau 2 bulanan, pernah tuh ngalamin yang namanya nipple confussion atau istilah bahasa Indonesianya: bingung puting. Mungkin masih banyak orang-orang (atau malah ibu2 gadis.. eh maksudnya anak gadis... mana ada ibu2 masih gadis? :P) yang tidak tahu istilah itu.

Nita sering chat sama ibu2, yang bilang kalau bayi kecilnya nggak mau disusui. Mereka anggap, ASI nya nggak enak (woloh.. kok bisa berpikiran begitu ya? eh.. mungkin juga karena kata orang2 tua dulu begitu ya..). Sebenernya sih, nita pengen banget ngejelasin, kemungkinan klo bayinya itu bingung puting. Biasanya, bayi2 yang bingung puting itu keburu dicekokin sama dot jadi dia bingung antara puting ibunya (ngomong ini nggak porno kan? :D) sama dot yang dia gunakan untuk minum susu formula. Sebetulnya, yang harus dilakukan adalah terus bersabar memberikan ASI kepada si kecil, walaupun dia menolak.

Nah.. balik lagi ke masalah Radit. Waktu itu, dari brojol memang dia dikasih dot. Sama neneknya, setiap ibunya misalnya ada keperluan (ke wc atau nyuci atau nyetrika, atau apalah), dia dikasih dot kalau nangis. Nah.. sampailah Radit kebingungan... setiap mommy menyodorkan PD kepadanya, dia akan meronta ronta dan menangis. Nita bingung banget, heran kenapa dia nggak mau nenen langsung. Ditambah stres dengan ucapan neneknya yang bilang: "oh.. nenen mami nggak enak ya, encer ya? pengennya yang kentel ya? kayak ini? " (sambil nyodorin dot yang berisi susu formula). Wa.. sakit hatiiii banget denger itu!! Apa nggak tau klo ASI itu berisi fore milk ama hind milk?, yang satu encer dan yang satu kentel? jadi pasti di ASI itu ada yang encernya....

Dulu sih blom ngarti, krn blom "gaul" sama ibu2 pendukung ASI. Setelah dikasih informasi, baru ngerti kalau itu namanya nipple confussion.

Nah.. gimana caranya biar Radit kembali lagi ke jalan yang benar? eh.. maksudnya kembali lagi mau menyusu? Si dot Nita isi sama ASI. Dan ternyata, dia mau minum ASI. Ini membuktikan pada neneknya, kalau dia sebenarnya mau minum ASI, dan ASI mommynya itu enak!!

Sebelum Radit disusui lagi, si puting diolesi ASI. Radit diajak bicara, disodori lagi ASInya... Nita berusaha untuk tidak stres (dengan segala komentar dan keadaan yang ada.. kena baby blues juga sih soalnya), biar Radit merasakan, bahwa ibunya betul2 ingin menyusuinya. Dan Taraaaaaaa.. alhamdulillah.. dia mau menyusu lagi..

So, buat ibu2, kalau bayinya masih cilik banget terus nggak mau menyusu, jangan nyangka si anak udah nggak mau nyusu lagi ya... Coba terus.. karena ASI adalah makanan terbaik untuknya.. Kalau anaknya sudah besar sih, misalnya udah 1 tahun lebih nggak mau nyusu, ada kemungkinan dia tidak kena nipple confussion(karena sudah besar dan sudah mengenal ibunya). Mungkin dia melakukan self weaning (menyapih diri sendiri) atau kena nursing strike (yang perlu untuk dicari tahu apa sebabnya).

Happy Breastfeeding!!

1 komentar:

sondang mengatakan...

He...he...he..artikelnya lucu dan kemasannya menggemaskan....salam kenal ya mbak...